Cara Membersihkan Rumah Dengan Cepat, Terapkan Hal Berikut Ini

September 16, 2018 Maya Alter 0 Comments

Hanin Blog - Rumah yang bersih tentu membuat penghuninya merasa senang, nyaman, dan selalu ceria. Dengan kondisi rumah yang bersih juga Anda akan merasa betah berada di rumah, selain itu bisa tenang beristirahat. Sebaliknya jika rumah Anda kotor dan jarang dibersihkan maka Anda pasti lebih memilih menghabiskan waktu di luar. Padahal rumah seyogyanya menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya. 

Cara Membersihkan Rumah
Ilustrasi rumah bersih
Anda ingin tahu bagaimana cara membersihkan rumah dalam waktu yang singkat? Ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari agar bisa bersih-bersih rumah dengan cepat seperti pelayan hotel. 

1. Pastikan alat pembersih ada dalam jangkauan Anda
Gunakan alat pembersih yang bisa dijangkau oleh Anda, misalnya jika pelayan hotel menggunakan kereta untuk meletakkan alat-alat pembersih, Anda bisa menggunakan celemek yang berisi alat-alat pembersih seperti kemoceng, lap, dan lain sebagainya.  

2. Lakukan bersih-bersih rumah setiap hari
Dengan membersihkan rumah setiap hari walau hanya beberapa menit, itu akan memberi efek yang baik untuk rumah Anda. Kegiatan menyapu setiap pagi dan sore misalnya, dengan begitu rumah Anda tidak akan banyak debu dan tidak ada kotoran yang menumpuk. 

Melakukan bersih-bersih setiap hari yang hanya beberapa menit bila dibandingkan dengan bersih-bersih seminggu sekali lebih ringan dilakukan setiap hari. Karena hanya dilakukan beberapa menit saja, dan jika Anda melakukan seminggu sekali itu akan membutuhkan waktu berjam-jam karena debu dan kotoran telah menumpuk.

3. Gunakan alat dan bahan pembersih berkualitas
Dengan menggunakan alat dan bahan pembersih yang berkualitas maka pekerjaan Anda akan cepat selesai. Alat dan bahan tersebut misalnya kemoceng, kain pel berkualitas, penyapu jendela, dan yang lainnya, memang harganya lebih mahal namun lebih berkualitas serta tahan lama. Produk pembersih berkualitas tersebut bisa Anda dapat di toko terdekat atau di supermarket tertentu. 

4. Jangan menimbun barang
Bila ada barang yang jarang Anda pakai, sebaiknya simpanlah di lemari atau kardus dan dijadikan satu agar lebih ringkas. Barang yang dibiarkan begitu saja dalam ruang terbuka dan dalam jangka waktu lama pasti akan mudah kotor karena debu. Untuk itu agar Anda tidak repot membersihkan rumah sebaiknya letakkan barang-barang yang tidak terpakai ke dalam wadah tertutup.

Contoh lain adalah untuk meja, gelas, sendok, yang sudah dicuci dan tidak dipakai lagi sebaiknya disimpan ke dalam kaci lemari. Dengan begitu alat makan tidak cepat kotor dan aman di dalam wadah.

5. Gunakan Sticky lint roller
Alat ini digunakan untuk membersihkan sofa dan untuk membersihkan serat halus pada pakaian, terutama pakaian yang berwarna gelap. Cara pakainya sukup mudah, Anda hanya tinggal menempelkan sisi roller pada sofa atau pakaian Anda, kemudian dorong gagangnya hingga alat tersebut berputar sesuai arahan tangan. bulu-bulu, serat halus, dan debu otomatis akan terangkat pada permukaan sticky lint roller yang lengket seperti double tape. 

6. Kontainer penyimpan barang
Kontainer penyimpan barang ini sangat penting untuk Anda miliki karena dengan adanya alat penyimpan barang, barang Anda mudah dibereskan dan tidak merambah kemana-mana. Misalnya saja pakaian kotor dan mainan anak, sebaiknya masukkan arang tersebut ke dalam container penyimpan barang secara terpisah. Utamakan container yang memiliki penutup agar barang tidak keluar dengan sendirinya dari wadah.

Nah, dengan adanya wadah tersebut maka rumah Anda tidak akan terlihat beratakan, saat membersihkannya pun tidak ribet karena barang-barang tertata rapi. 

7. Pengharum ruangan
Demi kenyamanan Anda dan keluarga serta tamu yang berkunjung, pakailah pengharum ruangan di tiap ruangannya. Pilihlah pengharum ruangan yang baik bagi kesehatan, jangan terlalu menyengat, cukup dengan aroma yang memberi kesegaran dan membuat rileks. Anda akan lebih semangat membersihkan rumah bila rumah Anda beraroma harum dan segar.

8. Lap sekali pakai (Disposible Cleaning Wipes)
Pilih lap sekali pakai untuk membersihkan kitchen set, peralatan mandi, permukaan kompor, gagang pintu, dan sebagainya. hal ini membuat Anda tidak perlu membersihkannya berulang kali karena lap sekali pakai tersebut sudah mengandung bahan anti bacterial. Juga tidak memerlukan waktu dan tenaga yang lebih. 

9. Kain Mikrofiber
Anda butuh kain microfiber untuk membersihkan debu-debu halus karena untuk menghilangkan debu halus ini tidak cukup dengan menggunakan sapu atau penyedot biasa saja. kain microfiber ini bisa menghilangkan benda-benda dengan ukuran mikro seperti debu, bakteri, kutu, tungau, dan lainnya karena kain microfiber memiliki daya listrik yang positif. 

Dengan begitu Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membersihkan rumah, selain itu Anda tidak perlu menggunakan zat kimia karena kain microfiber dari bahan alami ini sudah mampu mengatasi debu-debu yang sering membuat alergi. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas Anda bisa membersihkan rumah dalam waktu singkat dan dengan tenaga yang tidak begitu besar. Lakukanlah bersih-bersih setiap hari, gunakan alat pembersih yang dapat dijangkau dan bisa menyingkat waktu, dan selalu tata barang-barang Anda. Dengan begitu rumah akan selalu terlihat bersih dan nyaman untuk penghuninya.

0 komentar: