Penting! Ketahui Pengertian Faktur dan Fungsinya

Oktober 24, 2020 Maya Alter 0 Comments

Hanin Blog - Faktur atau biasa disebut juga dengan invoice sudah menjadi bagian dari keseharian dalam dunia usaha. Apa yang dimaksud dengan faktur itu? Faktur juga sering dikenal dengan nama faktur penjualan. Seperti dalam KBBI arti invoice yaitu daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama, jumlah serta harga yang harus dibayar oleh pembeli.

Pengertian Faktur

Setiap transaksi yang tercatat dalam lembar faktur adalah bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Biasanya faktur memiliki tiga rangkap, satu lembar untuk si pembeli apabila telah melunasi tagihan, satu lembar untuk arsip penjualan dan satu lagi untuk laporan bagian keuangan.

Pengertian Faktur

Pengertian faktur dalam buku “System Informasi Akuntansi I” karya La Midjan adalah dokumen yang digunakan sebagai bukti penjualan atas barang/jasa yang menunjukkan jumlah yang berhak ditagih kepada pelanggan. Pengertian lainnya yaitu dokumen atau bukti pembayaran yang dipakai sebagai bukti penagihan yang harus dibayar oleh pelanggan.

Di dalam faktur penjualan terdapat informasi mengenai jumlah harga dan jatuh tempo pembayarannya. Biasanya pada skala besar invoice dilengkapi sedangkan dengan surat tagihan. Pada faktur penagihan skala kecil digunakan sebagai dokumen penagihan. 

Dari beberapa pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa invoice atau faktur ini adalah dokumen yang digunakan sebagai bukti pembelian yang berisi jumlah pembayaran yang wajib dibayar oleh pembeli. 

Fungsi Faktur

Faktur atau invoice dibuat dengan tujuan untuk menagih piutang pelanggan supaya perputaran keuangan perusahaan atau bisnis berjalan dengan lancar. Karena invoice penjualan yaitu dokumen sebagai bukti tagihan yang harus dibayar oleh customer. Dalam hubungannya dengan pengelolaan keuangan, invoice juga tak kalah penting dalam mempermudah perhitungan keuntungan suatu usaha.

Fungsi dari invoice secara umum yaitu sebagai bukti penagihan terhadap pembelian terhadap pelanggan. Beberapa fungsi atau kegunaannya secara lengkap adalah:

  • Berguna untuk menyimpan arsip keuangan atau catatan penjualan. Di dalam invoice termuat beberapa data penting seperti waktu transaksi, daftar produk atau jasa, identitas penagih, identitas pelanggan serta jumlah pajak.
  • Invoice digunakan sebagai informasi jumlah tagihan dan termin pembayaran yang harus dibayarkan oleh pembeli atau pelanggan.
  • Invoice dapat digunakan sebagai sumber rujukan yang sah apabila barang atau jasa yang tercantum akan dijual kembali ke pihak lainnya.
  • Invoice juga dapat digunakan sebagai rujukan yang sah ketika akan menambahkan transaksi ke pembukuan.

Jika Anda memiliki usaha penjualan barang atau jasa apapun itu, faktur ini memiliki peran yang sangat penting, seperti yang telah dijelaskan di atas. Masalah faktur Anda tidak usah pusing-pusing, karena ada aplikasi BukuKas yang mempunyai fitur lengkap, seperti untuk pencatatan-pencatatan transaksi usaha. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk mempermudah usaha Anda apalagi jika Anda sering melakukan transaksi dengan customer. Tentu saja, harus ada manajemen keuangan yang tepat. Anda bisa mendownload aplikasi ini di smartphone android secara gratis. Dengan aplikasi tersebut, setiap transaksi yang dilakukan dapat dicatat sehingga usaha Anda akan terjamin keamanannya.

0 komentar: